in

6 Tips yang Membuat Puasa Tidak Batal di Saat Kamu Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Baik itu berenang di laut atau di kolam renang. Selama melakukannya secara teratur, tubuh akan merasakan manfaat luar biasa. Untuk diketahui, berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori untuk wanita dan 420 kalori untuk pria.

Berenang juga bisa menenangkan pikiran. Sebab, sensasi air yang dirasakan tubuh menimbulkan efek bahagia. Selain menyenangkan, berenang juga merupakan olahraga yang tepat bagi mereka yang menderita nyeri sendi, karena air akan menopang tubuh. Olahraga air juga baik untuk kesehatan jantung, paru-paru, penderita asma dan membantu tidur lebih baik.

Namun, jika berenang saat puasa harus menjaga air agar tidak masuk ke dalam tubuh. Jika masuk akan menjadi masalah, karena akan membuat puasa batal. Jadi, perlu melakukan renang secara proporsional dan tetap berkomitmen pada puasa. Bagaimana bisa? Ikuti 6 tips berikut, mari!

1. Penyumbat telinga yang selalu digunakan

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenang
accuweather.brightspotcdn.com

Penyumbat telinga berfungsi untuk mencegah air masuk ke saluran telinga saat berenang. Sehingga, membuatnya mudah dan memberikan kenyamanan saat berenang. Menggunakan alat ini juga meminimalkan kemungkinan terkena infeksi telinga eksternal atau yang biasa disebut swimmer’s ear.

2. Gunakan klip hidung

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenang
amazon.co.uk

Klip hidung atau penjepit memiliki fungsi yang sama dengan penyumbat telinga, yaitu untuk mencegah masuknya air. Namun, alat ini mencegah air masuk ke hidung saat berenang. Selain itu, penjepit hidung juga berfungsi untuk menghindari mikroba kecil yang hidup di kolam masuk ke dalam hidung.

3. Jangan lupa memakai kacamata renang

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenang
elthamleisurecentre.com.au

Sebagai informasi, kolam renang biasanya mengandung bahan kimia dan klorin tingkat tinggi. Agar bebas dari iritasi mata, kacamata sangat perlu digunakan. Selain itu, pandangan saat berada di air juga lebih jernih.

4. Tidak dapat berenang dengan lancar? Gunakan pelampung

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenang
videoblocks.com

Jangan dipaksakan jika Anda tidak dapat berenang dengan lancar, lebih baik menggunakan pelampung. Sebab, pelampung bisa membantu tubuh melayang ketika berenang. Ini untuk mencegah tubuh tenggelam, yang menyebabkan air kolam terminum dan mengakibatkan puasa batal. Bentuk pelampung bisa bervariasi, seperti papan, rompi atau pelampung yang diletakkan di kedua lengan atau kaki.

5. Gunakan topi renang untuk mencegah kerusakan rambut

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenang
fotoagent.dk

Pelindung atau topi renang, merupakan alat yang biasa digunakan saat berenang. Topi renang berfungsi untuk menjaga rambut Anda tidak menutupi wajah saat berenang dan juga melindungi rambut Anda dari kerusakan. Jadi, aktivitas berenang Anda bisa maksimal tanpa ada gangguan.

6. Lakukan di sore hari

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenang
blogunik.com

Kenapa di sore hari? Sebab, jika dilakukan pada pagi atau sore hari, perut akan terasa lapar meski tubuh tidak mengalami dehidrasi. Rasa lapar ini timbul, karena kalori yang terbakar cukup banyak. Karena itu, lakukan pada sore hari sebelum berbuka puasa. Jadi, setelah berenang bisa segera memenuhi kebutuhan kalori tubuh dengan berbuka puasa.

Semoga berhasil dan jaga semangat puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

8 Tulisan Saat Mudik Ini Bisa Bikin Kamu Senyum Sendiri

5 Negara yang Mempunyai Tradisi Mudik Selain Indonesia