in

6 Makanan Wajib Dibawa Saat Mudik untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mudik adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Idul Fitri. Perjalanan panjang dan kemacetan yang panjang bukan halangan untuk kembali ke rumah dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta.

Sayangnya bagi mereka yang sering mengalami mabuk perjalanan, mengemudi dalam jarak jauh seringkali merupakan momen yang menyiksa. Merasa pusing, mual, muntah, dan bahkan masuk angin menjadi hal yang biasa ketika mudik.

Tapi jangan khawatir, kamu tidak perlu mengalami mabuk perjalanan tahun ini. Cukup dengan membawa 6 makanan ini sebagai persediaan, gejala mabuk perjalanan dapat dengan mudah diatasi.

1. Jahe

6 Makanan yang Harus Kamu Bawa Saat Mudik untuk Atasi Mabuk Perjalanan
thespruceeats.com

Selama ini jahe dikenal sebagai bumbu yang memiliki sejuta manfaat kesehatan seperti meredakan batuk dan menghangatkan tubuh. Tapi siapa sangka ternyata jahe juga bisa mengatasi mabuk perjalanan. Jahe memiliki efek menenangkan yang dapat mencegah ketidaknyamanan di perut seperti mual dan nyeri.

Untuk mendapatkan manfaat dari jahe, rebus jahe dengan teh dan madu kemudian minum satu jam sebelum memulai perjalanan. Jika mau, kamu juga bisa membawa jahe dan memakannya langsung atau mengisapnya seperti permen.

2. Lemon

6 Makanan yang Harus Kamu Bawa Saat Mudik untuk Atasi Mabuk Perjalanan
Unsplash.com/Lauren Mancke

Buah yang bermanfaat dalam mengurangi mual dan nyeri ketika maag ini juga bisa digunakan untuk mengurangi mual karena perjalanan jauh. Caranya, siapkan 2 lemon segar, kupas kulitnya lalu iris lemon dan letakkan di wadah kedap udara. Segera menghisap lemon setiap kali kamu merasa tidak nyaman di perut atau ingin muntah.

3. Biskuit gandum gurih

6 Makanan yang Harus Kamu Bawa Saat Mudik untuk Atasi Mabuk Perjalanan
unsplash.com/Food Photographer|Jennifer Pallian

Biskuit gandum rasa gurih juga bisa meredakan perut mual dari mabuk perjalanan. Cukup sediakan beberapa paket biskuit gandum gurih untuk bekal di jalan, lalu kunyah biskuit yang kamu bawa setiap kali merasa perut mual. Ini dapat mengurangi mual perlahan sampai hilang dengan sendirinya.

4. Apel

6 Makanan yang Harus Kamu Bawa Saat Mudik untuk Atasi Mabuk Perjalanan
unsplash.com/Krishnam Moosaddee

Sekresi asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan rasa mual di perut dan ingin muntah. Apel sendiri mengandung pektin yang dapat mengendalikan sekresi asam lambung. Jadi, untuk mencegah mual, sebaiknya mengonsumsi apel sebelum memulai perjalanan. Jangan lupa juga membawa apel untuk disimpan selama perjalanan.

Kamu juga bisa mengolah apel menjadi minuman seperti jus sehingga lebih praktis dan enak dikonsumsi.

5. Permen

6 Makanan yang Harus Kamu Bawa Saat Mudik untuk Atasi Mabuk Perjalanan
unsplash.com/Joanna Kosinska

Aktivitas mengisap dan mengunyah permen secara otomatis akan meningkatkan produksi air liur di mulut. Air liur sendiri memiliki fungsi mengurangi bakteri di mulut dan mengendalikan sekresi asam lambung yang menyebabkan perut terasa mual.

Kamu harus membawa permen dengan rasa mint, jahe atau jeruk dan menghindari permen dengan rasa manis karena rasa tersebut akan semakin memperburuk perasaan mual dan ingin muntah.

6. Air mineral

6 Makanan yang Harus Kamu Bawa Saat Mudik untuk Atasi Mabuk Perjalanan
aceh.tribunnews.com

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan perut kembung dan mual. Jadi sebelum berpergian, pastikan kamu minum air yang cukup. Jangan lupa juga membawa air untuk persediaan perjalanan, dan minum setiap kali kamu merasa haus.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang bisa mengatasi mabuk perjalanan. Segera siapkan enam bahan makanan di atas agar kegiatan mudik tahun ini akan lebih nyaman, menyenangkan, dan tentunya bebas dari mabuk perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Nonton Hit & Run (Sinopsis)

5 Smartphone Harga Rp 1 Juta hingga Rp 2 Juta untuk Hadiah Idul Fitri