in

5 Film Kartun Islam yang Dapat Menjadi Model Moral Anak

Memperkenalkan dan mengajarkan anak tentang agama dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sekarang banyak metode pengajaran yang dapat dengan mudah dipahami oleh anak.

Menonton serangkaian film kartun Islami bisa menjadi salah satu cara terbaik. Gambar visual yang memiliki warna, gerakan, dan suara dapat melatih sensorik anak, sehingga mereka dapat dengan mudah menerima pembelajaran agama yang disampaikan. Nah, film kartun macam apa yang baik dan menjadi jadi tontonan si kecil?

1. Si kembar Upin dan Ipin

5 Film Kartun Islami yang Bisa Jadi Panutan Akhlak Anak-anak
Instagram/upinipinofficial

Sejak dirilis pada 2007, kartun Upin & Ipin tetap menjadi tontonan paling ditunggu oleh para anak. Film ini berasal dari negara tetangga Malaysia, dan bercerita tentang kehidupan si kembar, Upin & Ipin. Mereka diceritakan sebagai anak yatim piatu yang tinggal bersama nenek dan saudara perempuannya.

Dalam setiap episode, film ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dua anak kembar berusia 5 tahun yang baik dan pandai bergaul. Sesekali film juga menceritakan bagaimana suasana Ramadhan, Idul Fitri hingga liburan lainnya. Tak ketinggalan, Upin & Ipin juga sering mengajarkan doa, seperti doa makan, doa tidur, doa untuk kedua orang tua, doa belajar dan banyak lagi.

2. Nussa dan Rara

5 Film Kartun Islami yang Bisa Jadi Panutan Akhlak Anak-anak
Instagram/Nussaoficial

Nussa dan Rara adalah karya anak muda Indonesia yang ingin memberikan pertunjukan berkualitas untuk anak di Indonesia. Sedih melihat terbatasnya tontonan untuk anak, akhirnya mendorong Mario Irwinsyah dan 4 Stripe Production untuk menghadirkan tokoh Nussa dan Rara.

Siapa sangka pada tayangan pertama di Youtube, penonton Nussa dan Rara mencapai 3,5 juta pemirsa. Film ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari saudara-saudari bernama Nussa & Rara. Keduanya sering melakukan kegiatan disertai dengan informasi tentang agama dan doa.

Ada juga sosok Uma yang selalu menemani mereka berdua dalam meraih hadiah. Nussa & Rara juga memasukkan lagu-lagu untuk memudahkan anak menghafal doa, rukun Islam, rukun iman dan lainnya. Selain itu, Nussa juga diceritakan sebagai seorang penderita celebral palsy yang merupakan kelainan otot dan saraf pada satu kaki semenjak bayi yang mengharuskannya menggunakan kaki palsu. Tapi ini tidak membuat Nussa berkecil hati, tetapi mengajak penonton untuk selalu bersyukur atas apa pun yang diberikan Allah SWT.

3. Syamil dan Dodo

5 Film Kartun Islami yang Bisa Jadi Panutan Akhlak Anak-anak
Instagram/Syamil.dodo

Film yang ditayangkan untuk menemani anak-anak sejak bulan Ramadhan tahun 2013 berhasil menarik jutaan penonton dan menerima penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai tontonan anak berkualitas. Dua tokoh dalam film ini kerap menghadirkan perilaku sopan dan santun untuk diikuti oleh anak-anak.

Ada juga informasi tentang Islam. Sosok lucu Dodo, kepala botak, usil dan ceria, seimbang dengan Syamil yang cerdas dan sabar menghadapi Dodo. Keduanya juga sering mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dan mengikuti semua kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

4. Omar dan Hana

5 Film Kartun Islami yang Bisa Jadi Panutan Akhlak Anak-anak
Instagram/omardanhana

Film kartun buatan Malaysia ini menceritakan kisah Omar yang berusia 6 tahun dan Hana yang berusia 4 tahun. Keduanya suka menyanyi tentang kegiatan yang mereka lakukan. Mereka juga sering menyampaikan informasi tentang agama melalui lagu-lagu Islami yang dinyanyikan bersama orang tua mereka.

Tidak hanya menghibur, Omar dan Hana juga menyediakan pendidikan agama yang mudah dipahami anak-anak. Pada tahun 2018, Omar dan Hana juga menjadi pembaca doa berbuka puasa di salah satu televisi swasta Indonesia. Ini merupakan contoh agar anak antusias dalam puasa.

5. Adit Sopo Jarwo

5 Film Kartun Islami yang Bisa Jadi Panutan Akhlak Anak-anak
Youtube/MD Animation

Film animasi anak-anak Indonesia ini pertama kali tayang pada tahun 2014. Karakter dalam film Adit Sopo Jarwo ini memang dekat dengan penonton yang setia di Indonesia. Bercerita tentang kehidupan sebuah desa yang dihuni oleh penduduk berbagai suku di Indonesia.

Adit seorang siswa sekolah dasar yang harus berurusan dengan Sopo dan Jarwo seorang preman kampung yang lucu dan selalu menggelitik. Sesekali film ini menyelipkan nilai-nilai Islam dengan menghadirkan sosok Pak RT dan Pak Ustad. Film ini juga diharapkan dapat menyamai popularitas seri Upin & Ipin dari Malaysia.

Nah, itulah kartun Islami yang cocok untuk dijadikan tontonan bagi anak-anak. Film kartun yag mana kamu suka nonton?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

10 Meme Lebaran Terlucu dari Para Pemburu THR

10 Meme Lucu Idul Fitri Ini Bisa Membuat Kamu Senyum Sendiri